Materi Tes Karakteristik Pribadi TKP

3
37

Tes Karakteristik Pribadi

Tes Karakteristik Pribadi tes dalam psikologi di mana dapat mengukur tingkat kematangan sikap seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Yang di ujikan biasanya lebih menekan kan pada hal – hal kedewasaan tertentu yang dibutuh kan oleh seorang profesional. Hal – hal kedewasaan yang sering untuk di ujikan diantaranya :

Integritas Diri

Keadaan dimana menunjukkan konsistensi antar perilaku terhadap perkataan dan perbuatan yang telah dilakukan.  Ini bertujuan untuk mengukur tingkat ke jujuran dan kualitas moral seseorang dalam kehidupan sehari – harinya. Adanya Integritas di dalam diri seseorang di anggap sangatlah penting. Karena bisa di jadikan acuan untuk berprilaku baik dalam menjalankan peran dan fungsi seseorang dalam suatu pekerjaan.

Semangat Berprestasi

Tes ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar motivasi. Serta kekuatan tekad seseorang dalam mengerjakan tugas – tugas dalam pekerjaannya dengan baik dan meraih target – target tertentu. Sehingga jenjang karir nya gemilang.

Kreativitas dan Inovasi

Pada seleksi CPNS ini, para abdi negara di haruskan memiliki kreatifitas tinggi dan memberikan inovasi baru dalam lingkungan kerja. Kreativitas kerja dan inovasi dalam jangka panjang dan berkelanjutan akan mampu mendorong perubahan menuju ke arah keadaan yang lebih baik.

Orientasi Pelayanan

Sebagai abdi negara tentunya harusnya memiliki jiwa yang bisa melayani. karena makna dari abdi negara adalah melaksanakan segala kewajiban yang ia tanggung serta harus bisa menjaga sikap dan perilaku.

Dalam menjalankan kewajibannya, seseorang harus bisa melayani masyarakat tanpa pamrih, dan lebih mengedepankan kepentingan orang lain di bandingkan dengan kepentingan pribadi. Maka dari itu dalam tes CPNS ini akan di ujikan.

Kemampuan Beradaptasi

Dengan memiliki jiwa sosial yang tinggi, tentunya akan mampu menjawab soal yang berkaitan dengan kemampuan beradaptasi seseorang dalam lingkungan kerja atau masyarakat. Karena soal dalam tes CPNS lebih menekan kan pada penilaian bahwa seseorang mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan kerjanya dalam keadaan yang bagaimanapun.

Kemampuan Mengendalikan Diri

Tes ini bisa diartikan sebagai seberapa besar kemampuan seseorang untuk dapat mengontrol emosinya ketika dalam keadaan yang sangat tidak di sukainya. Dengan memiliki tingkat pengendalian diri yang tinggi akan tetap tenang dan tetap memberikan kinerja terbaik. Meskipun sedang dalam situasi dan kondisi yang tidak baik. Sedangkan sebaliknya seseorang yang memiliki tingkat pengendalian diri yang rendah lebih cenderung emosional dan hasil kerjanya buruk.

Silahkan cek DISINI untuk melihat materi-materi pembelajaran terkai TKP, jadikanlah materi dari kami Belajar Soal CPNS sebagai bahan pembelajaran dan latihan soal bagi anda dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS 2019.




 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here