Trik Lulus CPNS 2019 dengan Basmi Malas Ala Jepang

0
320
Basmi-malas-dengan-cara-orang-jepang-dan-lulus-cpns-2019

Kalian pernah gak ngalamin waktu mau mengerjakan suatu pekerjaan atau ingin menggapai suatu goals, tetapi rasanya begitu berat sekali ingin memulainya? Bisa jadi kalian sudah berjanji kepada diri sendiri untuk mulai hari ini misalnya, tetapi setelah di fikir – fikir lebih baik dilakukan BESOK AJA. Kemudian hal yang sangat disayangkan, besok harinya malah menjadi berfikir LUSA AJA deh, dan pas lusa kepikiran lagi MINGGU DEPAN. Bahkan sampai terfikirkan BULAN DEPAN hingga akhirnya pekerjaan atau goals itu tidak dikerjakan sama sekali atau bisa jadi dikerjakan di waktu – waktu penghujung dengan hasil tidak maksimal sesuai harapan.



Tidak jarang diri kita semua selalu menunda – nunda suatu pekerjaan yang sebenernya sangat penting bagi hidup kita atau biasanya juga kita menunda – nunda hingga akhir tenggang masa pekerjaan kita. Baik itu nunda – nunda belajar, olahraga, kerjaan, dan lain sebagainya. Padahal perilaku tersebut bisa di bilang tidak baik jika terus menerus di lakukan dan pada akhirnya kemungkinan akan membuat hasil kerja kalian tidak maksimal. Penyebab hal ini terjadi cukup beragam, tapi biasanya penyebabnya adalah malas. Lalu bagaiman melawan rasa malas tersebut? Apalagi sekarang bagi yang sudah lulus seleksi Administrasi CPNS, akan menghadapi Seleksi Kemampuan Dasar.

Baca juga Kupas Tuntas 20 Soal Tes Wawasan Kebangsaan

Pada Seleksi Kemampuan Dasar CPNS 2019 tentunya harus di persiapkan dengan sangat matang jika ingin lulus dengan nilai yang memuaskan. Rasa malas pasti bagi sebagian orang yang sedang ikut CPNS 2019 mulai tumbuh, maka belajarsoalcpns.com menyarankan untuk tidak menuruti rasa malas tersebut. Berikut ini belajarsoalcpns.com akan memberikan trik basmi rasa malas dengan metode budaya orang Jepang agar bisa lulus CPNS dengan.

teknik-kaizen

Teknik KAIZEN

Dari segi bahasa KAIZEN di ambil dari 2 suku kata, Kai yang artinya berubah dan Zen artinya kebijaksanaan. Kedua kata ini bila digabungkan menjadi makna perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. Prinsip kaizen ini dikenal juga sebagai prinsip 1 menit, karena prinsip ini intinya melatih seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam 1 menit setiap harinya di waktu yang sama. contohnya begini misalnya kalian ingin belajar push up, maka kalian coba dulu 1 menit dalam sehari dan dilakukan setiap hari di jam yang sama.

Itu contohnya push up, tetapi kali ini penerapan teknik kaizen ke persiapan CPNS 2019. Maka hal yang dilakukan adalah belajar, contohnya seperti ini cobalah untuk latihan menjawab soal CPNS dalam waktu 1 menit di setiap jam perhari. Atau dengan menyiapkan waktu belajar latihan soal setelah Sholat subuh selama 30 menit setiap harinya. Dengan prinsip ini kalian coba dulu saja setiap harinya, dan karena prinsip ini sangat sederhana sekali kalian bisa menerapkan untuk kegiatan lainnya. Tetapi dengan catatan kalian harus melakukannya tanpa Distraksi apapun, dan harus fokus.

Baca juga Bank Soal Analogi TIU CAT CPNS 2019

Prinsip 1 menit ini akan melatih diri kalian untuk lebih bertanggung jawab, karena ketika kalian berhasil melakukannya. Maka akan membuat perasaan kalian jauh lebih dengan menyelesaikan 1 hal dengan tuntas. Sense of progress akan kalian rasakan, biasanya dari rasa ketagihan itu mulai dari 1 menit akan terus nambah – nambah porsi terus menjadi 5 menit atau bahkan bisa sampai berjam – jam kalian lakuinnya. Tetapi balik lagi ke prinsipnya kalian harus KONSISTEN melakukannya setiap hari, supaya menjadi kebiasaan.

seleksi-SKD-CPNS-2019

Sekilas prinsip ini terlihat mensimplifikasikan banget, dan sepertinya meragukan. Tetapi lihatlah begini, usaha terlalu keras dan tidak rutin itu akan kemungkinan akan menghabiskan tenaga kalian. Bisa jadi akan membuat kalian menjadi lebih cape akhirnya jadi malas, bosen, dan gak rutin. Jadi balik lagi ke maknanya tadi perubahan hidup itu bisa dicapai dengan perlahan – lahan dan penuh kebijaksanaan. Lebih baik dilakukan dikit – dikit tapi rutin, dibandingkan langsung seabrek-abrek.

Baca juga Contoh Soal TKP CPNS 2019 Paling Gampang

Bila kalian rutin untuk mempelajari dan mengulang sesuatu ini setiap harinya. Kalian akan lebih menguasai juga hal yang kalian pelajari dan kalian tidak akan mudah lupa terhadap hal yang dipelajari juga. Hal ini pernah juga diteliti oleh salah satu Psikolog asal jerman Herman Ebbinghaus tentang Memori dan Kemampuan Mengingat. Beliau mengatakan kemampuan mengingat seseorang akan menurun secara derastis jika mendapatkan informasinya cukup sekali dan seabrek-abrek dan apa lagi tidak pernah di review. Tapi ada pengecualian kalau melakukan Repetisi atau mencoba mengulang kembali materi CPNS nya yang udah dipelajari besoknya dan rutin. Bukan hanya kalian akan lebih mengerti tapi juga informasi yang kalian simpan dalam otak akan menempel sepenuhnya dan sulit hilang.

Secara tidak langsung teknik KAIZEN ini sejalan dengan apa yang ditemukan oleh Herman Ebbinghaus. Ketika kalian mengulang suatu hal, secara tidak langsung hal tersebut menjadi suatu habit.  masuk ke dalam long-term memori kalian dan kalian menjadi Master dalam hal tersebut. Prinsip Kaizen ini bisa dilakukan oleh siapapun, dan bisa diterapkan dalam bidang kehidupan apapun karena sangat mudah sekali untuk dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here